RENUNGAN WARTA JEMAAT GEREJA KRISTEN INDONESIA KARBELA / 042-2010
MINGGU 17 OKTOBER 2010
SALING MENDENGARKANLAH DALAM KELUARGA



Coba lihatlah ! Dalam kehidupan berkeluarga Saudara lebih banyak mendengar atau minta didengarkan ! Dalam kehidupan berkeluarga harus seimbang antara berkata-kata (minta didengarkan) dengan menyimak/memahami perkataan orang lain (mendengarkan). Saya yakin Saudara merasa agak gimana gitu, jika berhadapan dengan orang yang cerewet. Kalo gitu jangan cerewet dong.

Ketika terlalu banyak bicara, maka itu akan menguras energi dan pengetahuan yang dimiliki. Saudara akan merasa habis ! Setelah habis, maka hati-hatilah jangan sampai omong kosong. Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi (Amsal 10 : 19). Mengetahui kapan harus bicara dan mendengar mendatangkan kebaikan. Cobalah !

Untuk tidak omong kosong, maka perlu mengisi perkataan Saudara dengan hal yang bermakna. Berpengetahuan dan berguna ! Selain mendengarkan ilmu pengetahuan yang membuat pintar intelegensi, Saudara harus melengkapi mendengarkan Firman Tuhan untuk membuat pintar iman (spiritual). Lihatlah, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suaraKu dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku (Wahyu 3 : 20). Dengarkanlah Dia sekarang juga !